Ini 4 Jenis Memori Yang Harus di Pahami Pengguna Smartphone

Posted on

Setiap insan mengingingkan kesempurnaan dalam hidupnya. Bukan hanya dalam hal keuangan atau hubungan dengan lawan jenis. Namun juga dalam persoalan ponsel cerdas. Makanya tidak jarang orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk membeli sebuah perangkat gadget.

Akan tetapi, survey membuktikan 87 persen orang justru bingung dengan kecanggihan fitur dari ponsel cerdas. Jadinya, seakan mereka membeli hanya untuk gengsi dan pamer belaka. Apakah Anda termasuk orang yang bingung tersebut? jika iya, sebaiknya baca ulasan di bawah ini, minimal agar tidak gaptek.

4 jenis memori ini sering digadang sebagai solusi oleh pemakai ponsel cerdas. Tapi, sayangnya jarang dari mereka yang mengerti fungsi dan perbedaan dari tiap memori. Makanya, mari kita masuk saja dalam ulasan.

RAM

RAM adalah singkatan dari Random Acces Memori. Ini juga termasuk jenis penyimpanan. Namun bukan untuk penyimpanan utama. RAM lebih dipakai untuk memori dalam hal kecepatan.

RAM semakin besa, kecepatan akan semakin bagus. Penggna kadang tidak memahami ini dengan baik, sehingga RAM diartikan sama dengan memori internal pada umumnya.

RAM adalah memori internal yang dipakai untuk menjalankan sistem operasi. Jadi, fungsi RAM lebih ke arah speed. Semakin tipis RAM yang tersisa, maka semakin lemot. Dan Anda harus bersabar. Solusinya hapus aplikasi yang tidak diperlukan. Karena RAM susah alias tidak bisa diupgarde sendiri, maka Anda harus sebaik mungkin dan sebijak mungkn menggunakannya.

ROM 

ROM adalah read only memori. Ini juga memori ponsel cerdas. Bedanya, ROM adalah memori penyimpanan data. Dan tidak ada hubungan dengan sistem operasi. Maka, mau dipakai sampai habispun ponsel Anda tidak akan lemot.

ROM pada dasarnya adalah memori internal dalam ponsel tersebut. Memiliki ukuran besar. Bahkan bisa di tambah dengan slot memori atau yang biasa disebut dengan microSD.

Nah, RAM dan ROM berbeda bukan? keduanya sama-sama memori internal. Jadi, keduanya adalah bawaan lahir dari sebuah ponsel cerdas. Hanya saja, RAM digunakan oleh sistem operasi sedangkan ROM dipakai untuk menyimpan data.

Jangan sampai salah mengartikan ya!!

MicroSD

MicroSD adalah memori tambahan untuk sebuah ponsel cerdas. Biasanya, sebuah ponsel disertai dengan slot microSD. Dan inilah yang dimaksud. microSD bukan termasuk memori internal, ia disebut memori external. microSD adalah benda mirip kartu namun berukuran kecil.

Meski begitu, microSD ada yang mencapai 512GB. Tidak semua ponsel cerdas menggunakan slot tambahan sehingga tidak semua ponsel bisa memakai microSD. Seperti iPhone, dia tidak memakai slot tambahan makanya tidak bisa dipasang microSD.

Dan juga beberapa produk dari Samsung, Asus serta HTC juga tidak bisa ditambah microSD.

USB OTG

Konsepnya sama dengan microSD. Dia adalah memori external. USB OTG dipakai untuk menyimpan data. USB OTG juga bisa dilepas dan dipasnag lagi seperti microSD.

Sampai di sini sudah faham bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *