Gigit Jari, Take-Two Bersih-Bersih Mod Game GTA Vice City dan San Andreas

Posted on

Ada banyak hal yang mempengaruhi popularitas dan umur sebuah game. Di luar keseruan game itu sendiri, ada beberapa faktor lainnya seperti dukungan komunitas, dan bahkan adanya modifikasi game juga bawa pengaruh tersendiri loh.

Meski masih sering jadi topik perdebatan di kalangan gamers, nyatanya keberadaan modder dan game modifikasinya memang tidak bisa diabaikan begitu saja. Apalagi jumlah pengguna game modifikasi juga terus mengalami peningkatan, seiring dengan jumlah pemain versi originalnya.

Tapi, beberapa saat yang lalu sempat ada keramaian yang terjadi di kalangan komunitas dan modder. Ketika Take-Two selaku perusahaan pengembang game melakukan aksi bersih-bersih untuk memberantas modifikasi game GTA (Grand Theft Auto) series lama.

Keramaian ini tejadi tanggal 17 Juli dan sempat menjadi trending topic di Twitter dan Reddit ketika kabar bersih-bersih ini mulai mencuat. Game modifikasi yang ditarik (game PC dan Game PSP) ini berimbas ke banyak series, 2 yang terdampak adalah GTA San Andeas serta Vice City.

Tidak hanya itu saja, salah satu yang terpopuler juga sudah lenyap, yaitu Grand Theft Auto Underground. Padahal versi ini paling sering dicari karena fitur peta gabungannya yang menambah keseruan permainan.

Tentu saja kabar ini mengundang banyak perhatian, mengingat kedua series tersebut termasuk dalam kategori terlaris dan paling banyak dimainkan. Peringatan DMCA digunakan untuk eksekusi pemberantasan game mod ini. Semuanya dilakukan dalam waktu satu minggu.

Wajar bila akhirnya komunitas merasa kecewa, gigit jari. Karena game mod yang dibersihkan itu, tidak sedikit yang dikembangkan dengan durasi waktu yang lama. Bahkan ada juga yang sudah dikerjakan selama belasan tahun.  

Tidak sedikit dari yang kecewa berasumsi bahwa tindakan Take-Two ini didasari oleh rencana remake Grand Theft Auto. Bahkan juga dihubungkan dengan berita rilis GTA 6 yang masih akan dikeluarkan tahun 2025.

Dikutip dari berita Kotaku, aksi ini tidak dilakukan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Karena Take-Two sudah menginformasikan lewat Discord untuk rencana penghapusan, sebagai salah satu tindakan yang harus diambil untuk peringatan Digital Millennium Copyrigt Act, atau biasa disingkat DMCA.

Bersama dengan informasi tersebut, disampaikan pula peringatan agar lebih berhati-hati. Hal ini disebabkan di masa depan peringatan DMCA ini akan terus berdatangan, untuk versi lawas dan tidak menutup kemungkinan untuk versi terbaru.

Baca Juga:

Disebutkan pula bahwa batasan modifikasi game ini membuat para pemain tidak bisa membuat konten new single player, seperti map, misi, dan kendaraan dalam game. Tapi, mereka pun juga menyatakan bahwa ada yang diizinkan untuk dimodifikasi, dengan cara tidak menginputkan konten lawas ke versi terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *