Apa Itu Cloud Hosting? Tips Memilih Cloud Hosting Yang Tepat

Posted on

Dalam mengelola sebuah website, banyak hal yang harus diperhatikan guna mendapatkan hasil maksimal seperti yang di inginkan. Dan salah satu diantaranya yang juga penting adalah tips dalam memilih Cloud Hosting. Untuk yang masih awam, mungkin masih ada yang bertanya – tanya tentang apa itu Cloud Hosting sekaligus manfaat dan kegunaannya. Untuk itulah, perlunya mencari tau pemahamannya terlebih dahulu.

cloud hosting terbaik

Apa Itu Cloud Hosting?

Cloud Hosting adalah salah satu teknologi layanan yang mana tidak hanya mengunakan satu server saja untuk saling berinteraksi antara satu sama lain. Dengan menafaat sistem ini sehingga mampu untuk menyeimbangkan beban dan juga memaksimalkan  jam kerja server agar performa tetap terjaga. Selain itu, Cloud Hosting tidak memiliki ruang penyimpanan fisik. Hal itu karena memang pada dasarnya Cloud Hosting merupakan sebuah layanan virtual.

Manfaat Cloud Hosting

Sekedar info tambahan Cloud Hosting baru baru ini menjadi salah satu jenis hosting yang populer dikalangan webmaster. Tentunya itu karena skalabilitas dan juga kefleksibilitas yang dimilikinya. Dan berikut beberapa kelebihan dari Cloud Hosting yang perlu di ketahui.

1. Loading time menjadi lebih cepat

Dengan manfanfaatkan teknologi Load balancing yang dimiliki oleh Cloud hosting membuatnya mampu untuk membagikan beban resouce ke beberapa server yang berbeda sehingga loadingnya lebih cepat jika dibandingkan dengan web yang berbasis pada satu server saja.

2. Mampu untuk menampung Trafik masif

Cloud Hosting memanfaatkan teknologi cluster sehingga memungkinkan server diakses secara bersamaan oleh ribuan atau bahkan jutaan orang. Jika saat salah satu sever overload, makan beban yang ada akan dibagikan ke server yang lain atau yang dikenal dengan sistem Back-up Resoucre. Tentunya hal ini membuat bebas mendapatkan trafik berlebihan tanpa membuat website down atau kehilangan pengunjung.

3. Data Recovery menjadi lebih mudah

Pada sistem Cloud Hosting sebagaian penyedianya melindungin data penguna dengan melakukan storing dan backup pada lokasi yang berbeda guna mencegah kehilangan data secara permanen sekiranya terjadi hal tak terduga, misalnya kegagalan di server pusat dimana data tersimpan. Untuk itulah alasan kenapa Cloud Hosting lebih meningkatkan keamanan data.

4. Memberikan kemudahan dalam mengelola managemen.

Proses mengelola managemen Cloud Hosting mengunakan kontrol panel. Sehingga tidak perlu khawatir mengalami kesulitan oleh bermacam pengaturan. Untuk mengelolanya cukup dengan memanfaatkan panel yang ada contohnya seperti Auto Installer, WordPress Staging, Litespeed Web Server & WP Accelerator.

5. Membuat Website selalu online

Salah satu kelebihan paling terlihat dari mengunakan Cloud Hosting adalah website selalu online. Terlebih pada dasarnya sistem kerjanya setara dengan VPS, yaitu sama sama mengunakan beberapa server sekaligus. Itulah sebabnya kenapa situs tidak down meskipun memiliki pengunjung yang ramai.

Selain kelebihan yang dimiliki dari mengunakan Cloud Hosting, sebenarnya masih terdapat beberapa kekurangannya yang juga perlu di ketahui. Diantara kekurangan dari menggunakan Cloud Hosting itu adalah biayanya biasanya cenderung lebih mahal, untuk kecepatan server bergantung pada kecepatan internet yang dimiliki serta lebih rentan terhadap Cyber attack.

Tips Memilih Cloud Hosting Yang Benar dan Tepat

Untuk itulah, dalam memilih Cloud Hosting harus benar – benar diperhatikan secara rinci. Dan berikut beberapa tips yang bisa dimanfaatkan sebelum memilih Cloud Web Hosting untuk website sehingga tidak salah pilih.

1. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan

Sebelum memilih Cloud Hosting mana yang ingin di capai, pahami terlebih dahulu kebutuhan dengan tujuan yang jelas. Sehingga tidak menghabiskan waktu dan juga biaya. Setelah jelas apa kebutuhan yang ada, langkah selanjutnya carilah penyedia Cloud web Hosting yang terpercaya.

2. Perhatikan reputasi dan layanan yang di tawarkan oleh penyedia cloud hosting

Sebelum memutuskan Penyedia cloud hosting yang ingin di pilih, pastikan untuk mencari tau lebih detail tentang layanan yang di tawarkan berserta kualitasnya. Sehingga biaya yang di keluarkan sesuaikan dengan hasil yang di dapatkan.

Pelayanan merupakan hal yang harus di perhatikan dalam memilih Cloud Hosting. Carilah perusaan penyedia yang menawarkan support penuh kepada pengguanya. Hal ini dikarenakan sekiranya nanti terdapat masalah pada server, maka bisa langsung meminta bantuan pada operator. Pastikan juga bahwa penyedia layanan memberikan dukungan selama dua puluh empat jam full.

Untuk penyedia cloud hosting berkualitas sendiri cukup banyak. Salah satunya adalah Domainesia yang merupakan salah satu Cloud Web Hosting Indonesia Terbaik yang ada. Karena secara reputasi dan kualitas pelayanan, semuanya sudah teruji. Untuk detailnya sendiri bisa langsung simak kesitus penyedianya terkait prodak web hosting yang ditawarkan.

3. Perhatikan Load Balance

Aspek paling penting yang harus diperhatikan dalam cloud hosting adalah Load Balance. Fungsinya sendiri adalah untuk mengarahkan penguna menuju server yang aktif. Untuk itu, dalam memilih layanan penyedia carilah yang menyediakan backup server. Sehingga apabila server utama mengalami masalah masih ada server backup.

4. Memiliki jaminan sistem keamanan

Dalam memilih cloud hosting, memiliki sistem dan jaminan kemanan merupakan hal yang h arus di miliki. Karena ini merupakan aspek yang cukup penting sehingga data terjaga dengan baik. Pecuma saja jika sebuah penyedia memiliki layanan yang bagus, tapi sistem keamanannya ternyata kacau.

5. Perhatikan teknologi yang di pakai

Jangan mudah tergiur dengan promo harga murah. Karena dalam memilih cloud hosting, teknologi yang di gunakan perlu untuk di perhatikan. Mulai dari softwer maupun hardware yang di gunakan. Dengan menggunakan teknologi terbaru, tentunya memudahkan dalam mengelola website dan meningkatkan kecepatan aksesnya.

6. Mengukur skala

Kunjungan trafik bukanlah sesuatu yang bisa di prediksi dengan pasti. Sementara dilain sisi penyedia cloud hosting biasanya memungkinkan pengunanya untuk mengukur kapasistas server. Sehingga saat trafik melonjak naik, penguna bisa dengan cepat dan mudah untuk melakukan update server guna menanganinya.

7. Mengecek downtime histori

Masalah yang sering terjadi sehingga menurukan reputasi website adalah masalah downtime. Untuk itulah sebelum memilih Cloud Hosting, sebaiknya perhatikan duulu seberapa sering provider yang di pilih mengalami down dalam kurun satu tahun. Hal itu bisa dilakukan dengan menanyakan kepada providernya ataupun dengan mencari sumber informasi lain. Misalnya dari penguna sebelumnya ataupund ari membaca review yang ada di internet.

8. Cari tau kelebihan dan kelemahan situs penyedia

Setiap situs penyedia cloud hosting, memiliki kelemahan dan kelebihannya masing – masing. Untuk itu, sebaiknya cari tau lebih detail dan gali lah informasi sebanyak – banyaknya sehingga bisa dibandingkan sesuai dengan kebutuhan dan budget yang ada. Sampai akhirnya bisa diputskan mana penyedia yang paling pas dan terbaik. Karena dalam meilih layanan cloud hosting yang baik harus dilakukan agar mendapatkan layangan terbaik, termasuk menjaga data keamanan yang dimiliki.

Itulah dia beberapa informasi terkait Cloud Web Hosting yang perlu untuk diketahui. Tentunya dengan info yang ada, anda bisa lebih memperhatikan dengan cermat dan lebih berhati – hati dalam memilih cloud hosting yang akan digunakan sehingga tidak salah pilih dan bisa memberikan hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *