5 Tips Mudah Merawat Laptop yang Bisa Dilakukan Sendiri

Posted on

Pandemi belum usai, semua orang dituntut untuk bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi. Salah satunya adalah kegiatan di depan laptop yang semakin bertambah durasinya untuk berbagai alasan.

Mulai dari aktivitas WFH dengan perangkat kerja sendiri, laptop untuk kebutuhan belajar daring, dll. Durasi pemakaian laptop yang semakin bertambah ini harus diiringi dengan perawatan yang tepat. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menjaga bahkan memperpanjang usia laptop.

Bicara tentang merawat laptop, sebenarnya hal ini bisa dilakukan sendiri dari rumah. Tidak perlu memanggil tenaga ahli atau profesional untuk melakukannya, selama memahami tips dasarnya. Berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa dipraktikkan untuk melakukan perawatan laptop.

1. Jangan menggunakan laptop untuk aktivitas di luar kapasitas

Kalau laptop yang kita miliki hanya dilengkapi dengan spesifikasi terbatas, usahakan untuk meminimalisir penggunannya di luar kapasitas. Hanya gunakan software yang sesuai spesifikasi, hindari penggunaan laptop untuk game berat jika laptop yang dimiliki bukan perangkat khusus gaming.

2. Cek berkala suhu laptop ketika digunakan

Ketika laptop dalam kondisi menyala, pastikan untuk mengecek berkala suhunya. Semakin lama durasi pemakaian, suhunya akan bertambah dan menjadi panas. Laptop yang panas bisa memicu kerusakan hardware lebih cepat.

Jadi, solusinya bisa menggunakan coolpad. Jika tidak memungkinkan membelinya, solusi lain bisa dengan mematikan laptop secara berkala (tiap berapa jam sekali) untuk menjaga suhunya dalam kondisi yang baik.

3. Pakai software atau aplikasi pembersih

Merawat laptop harus dilakukan secara menyeluruh, untuk hardware juga software. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk perawatan dari dalam adalah memasang software cleaner yang berfungsi membersihkan file-file tidak penting pada laptop.

Karena kadang keberadaan file tidak penting itu bisa menghambat performa laptop. Jadi, memang harus dicek dan dibersihkan secara berkala.

4. Jaga kebersihan laptop dari luar

Bersihkan laptop secara menyeluruh. Mulai dari bagian keyboard-nya, kemudian screen, cover, dan lain-lain. Bersihkan menggunakan bahan yang tepat agar tidak menggores bagian-baigan laptop.

Selain itu, usahakan untuk menjaga area sekitar laptop selalu bersih, jauh dari hal-hal yang berpotensi mengotori seperti makanan atau minuman.

5. Gunakan laptop sewajarnya

Maksud dari sewajarnya ini adalah daya baterai laptop. Selalu gunakan laptop sesuai dengan baterai yang tersisa. Jangan sampai memaksanya bekerja dalam kondisi baterai kritis. Begitu juga sebaliknya, kalau pengisiannya sudah full, segera cabut kabelnya.

Kalau sampai baterai laptop rusak, akan menimbulkan masalah karena perangkat ini akhirnya tidak bisa memenuhi kebutuhan aktivitas portable dan hanya bergantung pada colokan listrik.

Merawat laptop itu mudah, yang sulit adalah komitmen dan konsistensinya. Tapi itu semua sangat layak untuk dicoba, karena akan membuat laptop semakin awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *